Jumat, 13 Juni 2008

Wireless G + ADSL + Load Balancing

Setelah berhasil membuat setting load balancing untuk dua buah Speedy, gatal juga untuk melengkapi koneksi Hotspot buat sekitaran warnet. Kebetulan modem Aztech DSL605EU yang ngga pernah istirahat apalagi liburan secara mendadak meninggal dunia dengan tidak sukses alias setengah matot.
Ya iyalah posisi modem masih dalam keadaan hidup dan segar bugar h/w nya tapi software firmwarenya kaga tau kenapa lenyap dari ROM. Udah semaleman ampe jam 4 pagi utak-atik dari bongkar chasingnya ampe cari s/w buat flash kembali ROM nya tetap aja ngga berhasil. Aplikasi Flash udah dapet komplit dari d/l semaleman tapi dari 5 step yang step ke 4 gagal mulu duuuhhhh....... Ternyata penyakit modem router ini memang udah mewabah layaknya flu burung, dari search di internet semua kasus hampir sama ada yang berhasil ada juga yang emang sudah waktunya menghadap tempat sampah hehehe.
Akhirnya memutuskan beli lagi aja deh modem ADSL, tapi percuma kalau beli yang sama, kayaknya kurang asik yah (masih ada sih satu modem jatah telkom yaitu sanex tapi jatah khan tau sendiri.... udah ada yang dapet beras jatah belom???? halah....). Yah mending beli sekalian Wireless Acces point buat wireless hotspot yang plus modem ADSL. Setelah search sana-sini ada beberapa yang cocok di hati, cuman karena tinggal di kota kecil ya pilihan jadi terbatas deh.
Karena rekan terdekat ada yang jualan ya akhirnya beli tempat bos Irvan Bosnye ISP Grahamedia A.K.A DIPO66. Berdasarkan beberapa nominasi akhirnya milih produk D-Link lagi. Huh.... lagi-lagi D-Link gggrrr.... Jangan pada mikir ya gw ini sales D-link sumpah deh, lah gimana lagi wong yang gampang ya itu (ngarep banget yg baca CEO D-Link trus dapet dana promosi hehehehehe)
Hari ini modem dah datang dianter kurir, ngga sabar juga buat mau pasang di markas besar DeJava. Pada dasarnya settingnya sama dengan kemaren cuman sekarang tambah untuk koneksi wireless hotspot. HHmmm.... gampang juga ternyata tinggal plug and play and setting-setting dikit di DHCP ama security. Untuk sementara saya buka deh security nya, buat tetangga saya yang baca ini atau orang-orang lewat dijalan boleh kok mau akses sepuasnya. Lumayan to dapet Hotspot gratis, jarang-jarang loh ada yang mau berbagi bandwith :p

Tidak ada komentar: