Jumat, 27 Maret 2009

Setting Baru Load Balancing

Speedy makin tak terkendali

IIX/lokal





bandwidth internasional:





Setting jaringan pada load balancing, akan dibahas pada sesi berikut yah

Jumat, 08 Agustus 2008

Review LB Linksys RV042 dan AP Wireless 3Com 3CRWDR101A-75

Setelah puas mencoba 3 serangkai D-Link untuk koneksi warnet, kok rasanya pengen lagi nyoba router ama LB merk lain (lama-lama tak pikir efeknya kayak narkoba nih..... dasar racun dunia hehehehe). Pilihan akhirnya jatuh ke produk Linksys yang menurut saya kayaknya handal nih. Skenario pertama sih kayaknya mau nyusun 3 serangkai juga tapi di kasus ini merk Linksys. Pilihan LB jatuh pada RV042 dan RV082, untuk AP wireless jatuh pada WAG200G and yang terakhir Modem ADSL mau pakai linksys juga. Setelah mantap akhirnya biar simple order ke www.bhineka.com, di listnya semua barang ada sih jadi yah sok yakin and mantap akhirnya bikin order.Masalah mulai muncul setelah dikasih email dr bhineka barang lagi kosong untuk produk Linksys. Waduuhhhh.... cari kemana nih, akhirnya seperti biasa YM ke boss Irvan nanyain punya Linksys kaga nih? eh... dia jawab ada, ya udah akhirnya order yang kedua kali ke boss Irvan. Eh selang beberapa menit dia jg ngabarin klo linksys kosong juga. Waduuhhh (untuk yang ke 2 x)..... cari dimana ini nyak......

Pilihan ke 3 akhirnya berangkat ke Jakarta dengan nyonya(h) besar mengendarai eh menumpang kereta api pagi-pagi banget (dasar keburu ngiler nyari Linksys). Nyampai Stasiun Gambir dah dijemput ma driver langsung gw (sekarang di jakarta jadi pakai loe-Gw) suruh pancal gas ke mangga dua, nyonya(h) pergi ke mangga dua ke divisi pakaian dan sendal (sedih banget aku klo pergi ke bagian itu... apa menariknya...?) trus gw pergi ke seberang dengan hasrat tak tertahan ke divisi IT. Setelah nguber dari lantai 1 ampe lt 5 kok ngga nemu yah tokonya.... istirahat di pojokan trus browsing di PDA nyari itu yang jualan Linksys di mangdu, eh ternyata diatas pojokan nyempil banget... mana tokonya kecil banget. Disitu nanya ama engkohnya katanya dua produk yg aku eh gw cari kosong semua waduuuuhhhh (yang ke 3 x)....... gimana sih Linksys apa kiriman telat apa mang kelarisan tukang candu router...... Kayak bandar aja hehehehe...

Hari ke 2 pergi ke ratu plasa muter-muter juga hasilnya sama (tentu dengan waduh yang ke 4 juga ikut...) eh pas ngga sengaja nanyain, Gw liat produk 3Com 3CRWDR101A-75 setelah di bujuk2 yang punya toko katanya bagusan 3Com tergoda juga nih. Liat kemasan and tampilan yang bagus (suer deh komplit banget dibanding produk laen) akhirnya dengan tekat bulat diputuskanlah pakai 3Com aja untuk AP wireless + ADSL modemnya. Pas turun Di cafe Oh..La..La tempat nyonya(h) nongkrong nunggu gw, ada telp masuk.... ternyata bos irvan konfirmasi klo RV016 sudah ready weh kebetulan nih ngga muter2 muter lagi. (ini review apa cerita kesusahan nyari Linksys sih).

Pulang dari Jakarta klo sekarang dah mengendarai boil hehehe.... gw geber tuh mesin V6 karena dah pengen pulang. Karena semua udah komplit peralatan tempurnya, gatel juga liat performa masing2 alat. Gabungan 3Com 3CRWDR101A-75+LinksysRV042+D-link502T(kalau ini tetap dipakai soalnya dah kenceng banget) sangat memuaskan. Semua setting baik brigde, PPOE maupun static IP udah dicoba. Semua sangat stabil dan kecepatannya memuaskan dibanding dengan produk D-Link yang speednya bagus tapi disisi kestabilan kurang memuaskan terutama bila LB D-Link diset ke static IP koneksinya masih putus-putus.
Menu router Linksys dan 3Com sangat komplit. Tidak seperti produk lainnya, system operasinya / Firmware sangat mantap. Belakangan penulis ketahui bahwa LB Linksys sudah memakai Procesor INTEL didalamnya, Ram dan Rom internal. Walaupun LB linksys tampilannya udah kuno tapi hardwarenya handal nih. Untuk AP wireless 3Com juga sangat memuaskan, cuman antenna nya ngga bisa dilepas walaupun udah double antenna. Jadi rencana buat dicolokin ke antenna Omni ditunda dulu (beli lagi... beli lagi huh) tapi jangkauan nya udah mantap kok melebihi 80 meter.
RV042 tidak mengeluarkan panas dibanding LB604 nyaD-link. VPN portnya udah ada 50 tunnel, feature DMZ nya bisa buat router PlayStation maen pakai network, voip atau xbox.

Rencana selanjutnya karena Speedy mau ngasih diskon gila-gilaan, dah ngajuin 3 lagi koneksi Speedy sehingga total 5 Line Speedy mau disedot dengan brutal. Sementara nabung dulu buat order RV016 yang konon katanya bisa gabungin 7 Speedy (5WAN+2Failover) maybe minggu depan sudah ready alatnya ntar reviewnya nyusul yah.